Brasil, Samsung Dituntut 100 Juta Dollar AS

Brasir, Samsung Dituntut 100 Juta Dollar AS
Pemerintah Brasil Tuntut Samsung 100 Juta Dollar AS

Samsung dalam waktu dekat ini tampaknya harus kembali ke meja hijau. Kali ini, perusahaan asal Korea Selatan ini tidak dituntut oleh perusahaan pesaing, melainkan oleh pemerintah negara Brasil.

Tidak ada hak paten yang dilanggar kali ini. Pemerintah Brasil memasukkan berkas tuntutan melawan Samsung karena perusahaan tersebut dianggap tidak menyediakan kondisi bekerja yang layak di salah satu pabrik Samsung di wilayah Amazon.

Tuntutan pemerintah Brasil ini pun tidak terkesan main-main. Uang ganti rugi yang diminta pemerintah memiliki nominal yang cukup besar, yaitu sekitar 100 juta dollar AS.

Pemerintah Brasil melakukan audit di pabrik Zona Franca de Manaus Manaus, satu dari 25 pabrik terbesar Samsung di seluruh dunia. Di pabrik tersebut, Samsung mempekerjakan sekitar 5.600 karyawan. Dengan jumlah sebanyak ini, pabrik tersebut dapat menghasilkan cukup banyak produk untuk wilayah Amerika Latin.

Berdasarkan hasil auditnya, seperti dikutip dari Cnet, Rabu (14/8/2013), Menteri Tenaga Kerja Brasil mengungkapkan, tenaga kerja yang ada di pabrik tersebut kurang mendapatkan perlakuan yang layak. Para karyawan harus bekerja setidaknya 15 jam dalam satu hari, termasuk 10 jam berdiri tanpa istirahat, dan terkadang harus bekerja terus-menerus selama 27 hari berturut-turut.

Samsung juga telah menerima sekitar 2.018 surat komplain dari karyawannya sendiri di pabrik tersebut terkait dengan masalah kesehatan, seperti masalah punggung, tendonitis, dan bursitis.

"Perusahaan ini tidak memiliki manajemen yang layak tentang kesehatan. Mereka tidak juga berupaya untuk memecahkan masalah tersebut," kata penyidik Kementerian Romulo Lins.

Saat dihubungi oleh jurnalis asal Brasil terkait masalah ini, seorang jurubicara Samsung berkata, "Saat kami menerima pemberitahuan (dari pengadilan-red) atas kasus ini, kami akan melakukan analisis dari proses dan akan bekerja penuh dengan pihak berwenang di Brasil".

Brasir, Samsung Dituntut 100 Juta Dollar AS



Sumber tekno.kompas.com