Muslim Nigeria Ditembaki Saat Salat Subuh

Muslim Nigeria Ditembaki Saat Salat Subuh
44 Tewas Diberondong Saat Salat Subuh

Konduga, Nigeria – Sedikitnya 44 warga Muslim ditembak mati saat melakukan salat subuh di sebuah masjid di barat laut Nigeria.

Nigeria's Daily Post melaporkan, Pembunuhan itu terjadi saat berlangsung salat subuh berjamaah Minggu (11/8/2013) dan baru diberitakan Senin (12/8/2013). Kejadian ini terjadi di kota Kongduga, 35 km dari ibu kota negara bagian Maiduguri.


Selain korban tewas, sebanyak 26 lainnya mengalami luka parah. Para pembunuh diperkirakan berasal dari kelompok Boko Haram yang telah membunuh ribuan orang di Nigeria sejak 2009.

Salah seorang warga menuturkan kepada Associated Press bahwa empat orang yang menjadi korban adalah warga yang hendak menolong mereka. Sebanyak 12 orang lainnya jugatewas di desa Ngom yang masih berada di negara bagian Maiduguri.

Presiden Nigeria langsung memberlakukan kondisi darurat sipil di negara bagian tersebut dan tentara langsung bergerak mencari para pembunuh yang dipercaya sebagai kelompok Muslim militan. Kelompok tersebut, Boko Haram, kini menyatakan perang terhadap pemerintahan sah dan berupaya menggulingkannya. Mereka berniat mendirikan negara Islam di wlayah Barat laut Nigera.

Selain menyerang masjid, kelompok tersebut juga kerap menyerang gereja. Pimimpinnya,, Abubakar Shekau, telah menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu.


Sumber: inilah.com