26 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis telah dikenal lama sebagai tanaman yang kaya manfaat . Buah rasa pahit , asam dan sedikit dingin , tetapi manfaatnya sangat beragam .

Jus lemon dapat digunakan sebagai penyedap masakan , minuman , minuman , dari mana asam sitrat , serta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor . Ini juga bisa menjadi campuran herbal .

Sebagai herbal alami , lemon berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan energi vital , batuk , peluruh dahak ( mukolitik ) , peluruh kencing ( diuretik ) dan keringat , serta membantu proses pencernaan .

Minyak jeruk nipis mengandung limonene dan linalool , juga flavonoid , seperti poncirin , hesperidina , rhoifolin dan naringin . Isi dari buah matang adalah synephrine dan N - methyltyramine , selain asam sitrat , kalsium, fosfor , besi dan vitamin A , B1 , dan C. Asam Sitratnya mampu mencegah kekambuhan pasca operasi pada pasien batu ginjal .


Di bawah ini Anda akan menemukan 26 tips tentang cara untuk memanfaatkan jeruk nipis sebagai herbal yang membantu menyembuhkan penyakit .
1 . ambeien
Sebanyak 10 gram akar pohon jeruk nipis dicuci , lalu direbus dengan 1 liter air selama 1 /2 jam , lalu saring . Hangatkan dan minum 3 kali sehari .

2 . amandel
Kulit 3 jeruk nipis dicuci , dipotong-potong , lalu direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 3/4 , lalu saring . Air itu digunakan untuk membilas mulut . Lakukan 3-4 kali sehari .

3 . Anyang - anyangan
Dua jeruk nipis dicuci , diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas . Aduk hangat , minum sekaligus sehari sekali .

4 . batuk
Satu jeruk nipis dicuci , diperas , dicampur dengan 1 _ sendok makan madu dan sedikit garam , aduk hingga rata lalu disaring . Minumlah 2-3 kali sehari . Atau air jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata , diminum 1 kali sehari sampai sembuh .

5 . Batuk dengan Influenza
Potong lemon matang dan berisi air secukupnya , lalu peras . Tuangkan jus air mendidih dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk. Minum ramuan ini dua kali sehari 2 sendok makan .

6 . Bau badan
Metode 1 :
Potong lemon menjadi 2 bagian cukup besar , menyebarkan irisan dengan kapur sirih tipis-tipis . Oleskan ke ketiak setelah mandi . Biarkan selama 5 menit lalu bilas , campur tangan setiap pagi dan sore .
Metode 2 :
Beberapa helai ( 10 ) daun muda jeruk nipis ditumbuk halus sampai , hancur , pulung kecil seperti pil , makan 3 kali sehari .

7 . Batu Ginjal
Dua butir jeruk nipis diencerkan dengan 2 gelas air hangat desa , minum setelah makan malam . Lakukan setiap hari selama 10 hari .

8 . difteri
Dua jeruk nipis dicuci , diperas airnya . Tuangkan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu . Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat , dan minuman . Lakukan 3 kali sehari .

9 . Demam atau Flu
Metode 1 :
Dicuci dan jeruk nipis , ditambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan di dahi pasien .
Metode 2 :
Satu lemon panggang semenit , dipotong dan diperas , tambahkan 1 sendok makan madu . Minum sekaligus .

10 . Menstruasi tidak teratur
Tiga sendok makan jus lemon ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas campuran air panas secara merata . Minum selagi hangat . Lakukan 3 kali sehari

11 . setelah Melahirkan
Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan air jeruk nipis 2 sendok, aduk sampai rata , dan berlaku untuk perut . Lakukan setiap hari selama 3 bulan setelah mandi , untuk menghindari kerutan perut , halus dan kempis seperti sebelumnya.

12 . jerawat
Iriskan lemon dan kemudian digosokkan pada kulit .

13 . Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe
Potong jeruk nipis menjadi tiga bagian , oleskan pada kulit kepala sampai rata . Bungkus kepala dengan handuk semalam , cuci pada hari berikutnya . Lakukan 3 kali seminggu .

14 . rambut Sehat
Kuning telur ayam 3 butir dikocok dengan air jeruk sampai halus. Gosokkan pada kulit kepala , pijat - pijat secara merata , biarkan selama 2 jam kemudian bilas dengan shampo yang merangsang rambut menjadi mengkilap dan tebal . Sampo yang terbuat dari 1 ikat jerami, dibakar ke bara, rendam dalam air dan biarkan semalaman . Saring, dan sampo jerami siap untuk dipakai.

15 . Menghentikan Kebiasaan Merokok
Iris jeruk nipis, hisap dengan air minum . Lakukan ini beberapa kali sehari .

16 . kegamangan
Setengah genggam daun jeruk dihaluska. Tambahkan 1 sendok makan jus lemon . Gosok leher , kulit , dan dahi . Lakukan 2 kali sehari .

17 . radang tenggorokan
Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras . Tuangkan air mendidih dengan 1/2 cangkir air panas , tambahkan 1 sendok makan madu , aduk merata . Selagi hangat , gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit . Lakukan 3 kali sehari .

18 . Lendir di Tenggorokan
Potong 2 buah jeruk nipis lalu peras dan tambahkan air . Tambahkan sedikit garam , lalu aduk sampai rata . Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

19 . Kurap atau Panu
Cuci 1 genggam akar landep sampai bersih, lalu tumbuk halus . Tambahkan air jeruk sambil diaduk . Oleskan pada kulit yang terkena kurap atau panu , lalu balut dengan kain kasa . Ganti pembalut 2 kali sehari sampai sembuh .

20 . Demam / Panas Saat Malaria
Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal, dan 5 daun prasman. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas . Setelah dingin, saring . Dibagi menjadi dua , diminum pagi dan sore .

21 . terkilir
Rebus tiga buah lemon yang terbelah dua sampai matang dengan banyak air. Masukkan ke dalam panci dan diseduh dengan 1/2 gelas air panas , kemudian ditutup. Setelah jeruk dingin kemudian diperas dan disaring . Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura . Ramuan ini digunakan untuk memijat bagian yang cedera . Setelah itu , minum 3 /4 gelas air kelapa hijau . Lakukan 3 kali sehari .

22 . nyeri rematik
Cuci daun jeruk , daun ketepeng Cina dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam) , 10 lembar daun sirih , akar pepaya 2 jari , 2 jari akar kepayang , akar kelor 3 jari , dan 10 buah cabai rawit , lalu tumbuk sampai halus . Rendam ramuan dalam 1 liter alkohol selama 7 hari . Perasaan air dapat digunakan untuk menggosok dan memijat bagian tubuh .

23 . sakit gigi
Campurkan air jeruk nipis dengan akar hitam legetan warak masing-masing 1 sendok makan . Tambahkan 3 /4 cangkir air garam ke dalamnya dan aduk sampai rata . Selanjutnya peras dan saring ramuan . Gunakan air ini untuk berkumur selama beberapa menit , lalu buang . Lakukan 4-6 kali sehari .

24 . pelangsing tubuh
Tambahkan air jeruk ke dalam cangkir air teh hijau . Minum ramuan ini setiap pagi dan sore . Lakukan setiap hari .

25 . menambah Stamina
Kombinasikan kuning telur ayam, 1 gelas jus jeruk dan beberapa iris gula merah . Aduk sampai rata, lalu minum . Lakukan seminggu sekali .

26 . Tekanan Darah Tinggi
Sediakan 20 bunga dan 30 daun lemon . Cuci bersih, lalu tambahkan perasan 2 buah jeruk . Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/ 4 gelas . Setelah dingin, saring . Diminum 3 kali sehari 3/4 gelas . Minum ramuan ini ditambah sedikit madu . Lakukan setiap hari .

Disadur dari : http://the-benefits.blogspot.com