9 Manfaat Minum Teh Hijau Bagi Kesehatan

Satu hal yang begitu menarik tentang budaya tradisional Cina adalah banyak teh hijau yang diminum untuk tujuan kesehatan. Selama lebih dari 4.000 tahun mereka telah minum teh hijau saat sarapan, makan siang dan makan malam. Para biarawan selalu mendorong orang untuk minum teh hijau untuk meningkatkan kesehatan. Sains Barat juga telah membuktikan adanya manfaat minum teh hijau.

Jika Anda hanya dapat melakukan satu hal dalam sehari untuk meningkatkan kesehatan Anda, tambahkan teh hijau dalam daftar kebutuhan anda. Berikut alasannya.

1. Zat EGCG yang dikandung teh hijau telah terbukti lebih kuat dibanding Vitamin E untuk menghancurkan radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.

2. Minum teh hijau telah terbukti untuk memcegah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Ini juga telah menunjukkan adanya peningkatan fungsi arteri.

3. Zat EGCG dalam teh hijau diyakini mempercepat metabolisme tubuh, yang membantu untuk meningkatkan berat badan.


4. Sebuah studi yang dilakukan di Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa minum teh hijau bisa menurunkan 46% -65%  risiko terkena hipertensi.

5. Teh hijau telah digunakan selama ribuan tahun di China untuk membantu pencernaan. Di Cina, jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan Anda disarankan untuk minum teh hijau saat sarapan, makan siang dan makan malam.

6. Penelitian di Tufts University telah menunjukkan bahwa teh hijau yang tinggi EGCG telah terbukti mengurangi penumpukan lemak perut.

7. Teh hijau sangat tinggi antioksidan, terutama kelompok yang disebut catechin. Dalam studi catechin telah terbukti lebih kuat daripada vitamin C dan E dalam menghentikan kerusakan sel.

8. Dalam Pengobatan Tradisional Cina teh hijau dipercaya untuk detoksifikasi organ dari ketidakseimbangan zat berbahaya dalam tubuh.

9. Zat Flavonoid serta poli-phenonls dalam teh hijau diyakini meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Itulah beberapa alasan perlunya anda minum teh hijau secara teratur sehingga memperoleh banyak manfaat teh hijau.